Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahun baru imlek save moment

 Libur Imlek 2023, Pusat Perbelanjaan Hadirkan Festival Barongsai untuk Tarik Minat Pengunjung

Momen liburan tahun baru Imlek 2023 dimanfaatkan sebagian orang untuk melancong ke berbagai tempat wisata salah satunya adalah pusat perbelanjaan atau mal. 

Tidak ingin melewatkan kesempatan itu, pusat-pusat perbelanjaan pun berupaya menarik minat pengunjung dengan menghadirkan hiburan tematik khusus perayaan tahun baru warga Cina tersebut. Salah satunya Margo City Mall. 

Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Depok itu menyelenggarakan penampilan Barongsai guna menarik perhatian pengunjung ditengah lesunya kondisi perekonomian global. Manager Marcom Margo City Indra Hedy Lesmana mengatakan, momen libur imlek tahun ini, pihaknya mengusung tema MARGOCITY GLORIOUS PROSPERITY “THE YEAR OF RABBIT”.  

"Dalam kesempatan ini pengunjung dapat menikmati dan merasakan kemeriahan perayaan Imlek di Margo City dengan penampilan memukau Barongsai yang akan menari diatas tonggak dan juga sederet atraksi spektakuler lainnya seperti Liong Show, Parade Barongsai, Pekingsai Show," kata Indra kepada wartawan, Sabtu 21 Januari 2022. 

Indra mengatakan, kegiatan itu berlangsung selama sepekan setiap Weekend mulai tanggal 21 Januari hingga 5 Februari 2023 di Ground Floor - East Atrium Margo City. 

"Keunikan lainnya di acara ini, kami menyediakan bazaar dengan konsep oriental untuk menambah semarak perayaaan Imlek di Margo City," kata Indra. 

Indra berharap, event ini dapat terus mendongkrak tingkat kunjungan Margo City utamanya dan sektor perbelanjaan agar geliat ekonomi kembali pulih. 

"Karena sekarang kan PPKM sudah tidak ada, maka kita mau mengembalikan kembali, event-event untuk menarik minat pengunjung Margo City," kata Indra.

Ratusan warga keturunan Tionghoa di Gorontalo rayakan Imlek

Ratusan warga keturunan Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek 2574 di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Tulus Harapan Kita Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ahad.

Pemimpin sembahyang TITD Tulus Harapan Kita Kota Gorontalo, William, mengatakan sebelum melakukan perayaan, umat melakukan sembahyang pisah sambut Imlek.

"Kita berharap pada tahun ini kerukunan antarumat beragama paling penting ya, bisa lebih erat lagi," ucap dia.

Pada tahun baru Imlek ini, ia juga berharap, perekonomian di Indonesia setelah pandemi COVID-19 semakin baik.

William menjelaskan tahun ini merupakan Tahun Kelinci Air yang bermakna peruntungan.

"Jadi kita berharap keberuntungan kita bisa mengalir seperti air," kata dia.

Menurutnya, perayaan Imlek pada tahun ini lebih meriah dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, karena masih dalam pembatasan terkait dengan pandemi COVID-19.

"Karena tahun kemarin kita ada imbauan dari pemerintah daerah karena masih COVID-19, tapi tahun ini kita merayakan secara meriah," ungkap dia.

Selain melakukan sembahyang pisah sambut Imlek, pengurus dan jemaat TITD Tulus Harapan Kita Kota Gorontalo menggelar berbagai hiburan, antara lain  pergelaran busana, lomba membuat origami, tarian, bernyanyi. Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 di Kota Gorontalo turut dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Selama tiga hari setelah Imlek, umat TITD Tulus Harapan Kita Kota Gorontalo akan kembali menggelar sembahyang untuk bertanya kepada dewa apakah Cap Go Meh dapat dilaksanakan atau Goan Siao.